Rabu, 24 Agustus 2011

Rindi Wai: Obyek Wisata Yang Belum Tersentuh


rw1.jpgWaingapu.Com - Sumba Timur kaya akan tempat-tempat wisata. Dengan keadaan alam yang masih alami menjadikan Sumba Timur patut untuk dilirik sebagai tujuan wisata. Salah satu tempat wisata yang belum tergarap adalah Rindi Wai. Siapa yang tahu kalau di daerah sana ada sebuah danau yang terletak didataran tinggi yang dikelilingi oleh pengunungan dan hutan pohon pinang?
Team Waingapu.Com (Minggu/10/11/2007) berkunjung ke sana, untuk melihat secara dekat lokasi tersebut. Rindi Wai terletak 70 Km di sebelah timur Kota Waingapu, tepatnya di Kecamatan Rindi Umalulu. Dari Kampung Praiyawang, kami harus menempuh perjalan ke arah selatan kurang lebih 1 Km ke lokasi tersebut dan menitipkan kendaraan di salah satu rumah penduduk setempat, sebab untuk ke lokasi Rindi Wai harus ditempuh dengan berjalan kaki. Jaraknya kurang lebih 200 meter.
Di sepanjang jalan setapak yang kami lalui banyak pohon pinang yang tumbuh. Jaln setapak tersebut agak menanjak. Walaupun demikian perjalan kami tidak mengalami kesulitan karena suasana yang sejuk dan dingin, apalagi pemandangan yang tampak hanyalah warna hijau pepohonan. Daerah yang subur.
rw3.jpg
Rindi Wai yang belum terjamah
Setelah kurang lebih 10 menit berjalan kaki, kami tiba di lokasi Rindi Wai. Dari atas ketinggian, tampaklah danau Rindi Wai yang indah. Tampaknya ada segerombolan bebek liar yang berenang, dan menurut Umbu Reygen yang memandu kami, "Pada tahun 1980-an ada seorang anggota polisi yang melepas benih ikan, dan sekarang kami sering ke sini untuk memancing. Ikannya sebesar lengan manusia", demikian Umbu Reygen menceritakan kepada kami. Posisi Rindi Wai berada di tengah-tengah pengunungan. "Sumber airnya berasal dari air terjun yang terletak cukup jauh dari sini", Umbu Reygen menambahkan.
Setelah berkeliling di lokasi tersebut dan mengambil beberapa gambar, kami akhirnya kembali ke Kampung Praiyawang. Beristrahat untuk beberapa saat di rumah panggung milik keluarga Umbu Reygen. Rindi Wai menjadi alternatif wisata yang menjanjikan buat wisatawan jika saja pemerintahan Sumba Timur melihat ini sebagai aset daerah.

2 komentar:

Nice blog mari berbagi di http://sumbanese.blogspot.com/p/register.html

Dukungan dari berbagai pihak sangat di butuhkan.

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites